Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fox Sports Asia Stop Broadcasting on October 2021

 Breaking news ! kabar tidak baik untuk pengguna receiver rekomendasi Nexparabola Nusantara HD dan K-Vision Gol karena Disney akan menutup 18 saluran televisi premium di Asia Tenggara dan Hong Kong, karena konglomerat tersebut akan lebih berfokus ke platform streaming.

18 siaran tersebut akan mengakhiri masa operasionalnya pada 1 Oktober 2021 mendatang.

Daftar dari 18 siaran tersebut, antara lain:

- Disney Channel

- Disney Junior

- Fox

- Fox Crime

- Fox Life

- FX

- Fox Movies

- Fox Action Movies

- Fox Family Movies

- Fox Sports

- Fox Sports 2

- Fox Sports 3

- Nat Geo People

- Star Movies China

- SCM Legend

- Star Sports 1 (China dan HK)

- Star Sports 2 (China dan HK)

- Channel V

Hanya tersisa 4 siaran saja yang masih akan bertahan, yaitu Star Chinese Channel, Star Chinese Movies, National Geographic Channel dan Nat Geo Wild. 

Sumber : https://www.facebook.com/FPforumsatelit

Fox Sports 1, 2, dan 3, sudah pasti akan ditutup oleh Disney pada 1 Oktober 2021, yang berlaku untuk seluruh wilayah Asia Tenggara, sehingga muncul pertanyaan, akan dibawa kemanakah tayangan olaharaganya setelah 1 Oktober nanti?

Sejak mengambilalih kepemilikan Fox Sports Asia dari 21st Century Fox pada 3 tahun yang lalu, Disney seakan-akan tidak berfokus lagi pada konten tayangan olahraga.

Imbasnya, Fox Sports Asia telah mengurangi kepemilikan hak siar, tentu yang paling dirasakan adalah Bundesliga dan kompetisi AFC, serta yang baru baru ini yaitu Formula E dan NASCAR. Beberapa staf senior Fox Sports Asia pun telah mengundurkan diri, serta menutup Fox Sports Taiwan pada tahun lalu.

Platform streaming Disney Plus Hotstar telah diluncurkan di Indonesia sejak beberapa bulan yang lalu, namun tidak ada satupun konten olahraga pada platform tersebut.

Jika Disney tidak berniat untuk terus menjalani bisnis tayangan olahraga di wilayah Asia Tenggara pada platform apa pun setelah 1 Oktober, penutupan Fox Sports Asia menimbulkan pertanyaan tentang apa yang akan terjadi pada kesepakatan hak yang melampaui bulan Oktober. Kesepakatan terbesar adalah untuk hak siar Formula Satu, yang akan berlangsung hingga akhir tahun depan (2022). Selain itu, beberapa hak siar konten lainnya seperti MotoGP, rugby NRL Australia, dan tenis Australia Terbuka, juga baru akan berakhir pada tahun 2022 mendatang. Untuk hak siar Serie A di Malaysia pun akan berakhir pada akhir musim ini.

Memang diketahui bahwa Fox Sports membeli kembali hak siar kompetisi klub AFC di wilayah Malaysia dan Brunei, namun dengan durasi 1 tahun saja (2021). Begitu pula dengan hak siar Hoki FIH Pro League, yang hak siarnya bersifat non eksklusif dan akan berakhir pada musim ini juga..

Akhir yang tragis untuk Fox Sports Asia.

Sumber Analisis : https://www.facebook.com/FPforumsatelit